Polri Benarkan Terbitkan SPDP Dua Petinggi KPK

Home / Berita / Polri Benarkan Terbitkan SPDP Dua Petinggi KPK
Polri Benarkan Terbitkan SPDP Dua Petinggi KPK ILUSTRASI: Petugas KPK. (FOTO: Senda Hardika/TIMES Indonesia)

TIMESJOMBANG, JAKARTA – Polri benarkan telah menaikkan status dari penyelidikan menjadi penyidikan terhadap kasus surat palsu dan penyalahgunaan wewenang yang melibatkan dua pimpinan KPK, Agus Rahardjo dan Wakil Ketua Saut Situmorang sebagai terlapor.

"Sejak kemarin sudah dinaikan menjadi tingkatnya penyidikan," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto, kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (8/11/2017).

Menurut Setyo, dalam proses penyelidikan, Polisi telah memeriksa 6 orang saksi yakni satu ahli bahasa, tiga ahli pidana dan satu ahli hukum tata negara.

Setelah gelar perkara dilakukan, tambahnya, penyidik akhirnya meningkatkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan.

Adapun pasal yang disangkakan ke dua petinggi KPK tersebut adalah membuat surat palsu atau memalsukan surat, dan menggunakan surat palsu dan atau menyalahgunakan wewenang sebagaimana dimaksud dalam pasal 263 KUHP juncto pasal 55 pasal 1 ayat ke satu kuhp dan atau pasal 421 KUHP.

Sementara itu, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan KPK sudah menerima SPDP dari Polri itu dan siap menghadapi hal tersebut.

"Ini kan bukan terjadi kali ini saja, jadi kami pastikan KPK akan menghadapi hal tersebut. Kami percaya Polri akan profesional dalam menanganinya," kata Febri, Rabu (8/11) di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com