SDN Giripurno 2 Kolaborasikan PLH dengan Permainan

Home / Pendidikan / SDN Giripurno 2 Kolaborasikan PLH dengan Permainan
SDN Giripurno 2 Kolaborasikan PLH dengan Permainan Pelajaran PLH di SDN Giripurno 2  dikolaborasikan dengan permainan agar lebih menarik. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESJOMBANG, BATU – Agar siswa tertarik mengikuti pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), SDN Giripurno 2, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengkolaborasikan dengan permainan. 

Seperti permainan ular tangga, jurnal pilah sampah hingga Uno Game. Dalam game ini, pesertanya satu tim. Mereka diharuskan memindahkan balok, setiap perpindahan ada pertanyaan seputar sampah yang ditanyakan. 

Kalau jawaban betul, baru boleh memindah balok, begitu juga untuk tim lawan. 

Permainan pun menjadi seru, terkadang terdengar gelak tawa, karena salah satu peserta memberikan jawaban yang salah atau lucu. 

SDN-Giripurno-2-b.jpg

"Biar anak-anak lebih tertarik belajar PLH dan lebih memahami apa yang dimaksud dalam pelajaran itu, karena itu kita kolaborasikan dengan permainan," kata Kepala SDN 2 Giripurno, Erna Minarti Ningsih. 

Dalam kesempatan itu juga, para peserta nonton bareng video tentang dampak membuang sampah sembarangan. 

Lewat pembelajaran yang dilakukan bekerjasama dengan Zona Bening, sebuah komunitas peduli lingkungan, para siswa menjadi lebih mengenal jenis sampah. 

Mereka pun menjadi mengetahui dampak dari membuang sampah sembarangan dan mengenal jenis-jenisnya. 

"Diharapkan setelah kegiatan ini, anak-anak timbul inisiatif mengurangi dan mengelola sampah di sekolah dimulai dengan memilah sampah sesuai jenisnya," ujar salah satu wali kelas, Dewi Paramitha. 

Di SDN 2 Giripurno sudah menerapkan program 1 anak 1 botol minum. 

SDN-Giripurno-2-c.jpg

Sementara Rere dari Zona Bening mengatakan bahwa kegiatan ini adalah inisiatif dari wali kelas SDN 2 Giripurno. "Kegiatan ini bagus karena selama ini pelajaran PLH lebih banyak mengenal potensi wisata. Sebenarnya bagus tapi jauh lebih bagus kalau ada aktivitas terkait lingkungan yang dilakukan anak-anak," ujar Rere.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com