Gelar Kehormatan UIN Malang Dinilai Layak untuk Dr Muhammad bin Abdul Karim Al Issa

Home / Pendidikan / Gelar Kehormatan UIN Malang Dinilai Layak untuk Dr Muhammad bin Abdul Karim Al Issa
Gelar Kehormatan UIN Malang Dinilai Layak untuk Dr Muhammad bin Abdul Karim Al Issa Tim Promotor Prof Dr H Alwi Shihab, MA menyampaikan laporan akademik kepada Dr Muhammad bin Abdul Karim Al Issa. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESJOMBANG, MALANG – Tim Promotor pemberian gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (HC) menilai Dr Muhammad bin Abdul Karim Al Issa layak mendapatkan gelar kehormatan dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang). 

Hal tersebut disampaikan tim Promotor yang diwakili oleh Prof Dr H Alwi Shihab, MA saat pembacaan penilaian di acara Rapat Terbuka Senat Universitas di Gedung Rektorat lantai 5 UIN Malang, Selasa (25/2/2020).

Prof Alwi menjelaskan kiprah promovendus dalam menyebarkan pesan perdamaian dunia Islam dan moderasi agama tidak diragukan lagi. Tidak heran jika karya ilmiah Dr Muhammad bin Abdul Karim Al Issa menjadi referensi penting di beberapa lembaga pendidikan.

uin-malang-b.jpg

"Beliau juga sering mengikuti short course di berbagai negara. Beliau tokoh yang ramah dan berjuang mengembangkan pendidikan Islam di dunia," katanya.

Dia menjabat sebagai Sekjen RAI (Rabithah Al-Alam Al Islami) atau Liga Dunia Muslim. Liga Islam Dunia, kata Prof Alwi, adalah lembaga Islam yang paling berpengaruh di dunia. RAI adalah lembaga kerjasama negara-negara Islam non pemerintah yang berperan banyak di berbagai sektor.

"Sebagai Sekjen RAI, beliau menekankan pentingnya keluwesan dan kasih sayang, Islam rahmatan lil alamin. Membangun Islam di era kontemporer tidak mudah, tantangannya dinamis," ujar mantan Menteri Luar Negeri itu.

Sosok Al-Issa selama ini dinilai sebagai tokoh yang ramah dan getol berjuang untuk berkembangnya pendidikan Islam. Dia bahkan disebut sebagai juru damai, Islam moderat dan Islam yang rahmatan lil alamin.

uin-malang-c.jpg

"Dengan anugerah ini harapan kita semoga akan memperkokoh perjuangan beliau untuk terus berjuang demi pendidikan agama Islam. Kami dari promotor, mengucapkan selamat atas gelar yang disematkan semoga bermanfaat bagi umat sedunia," pungkasnya.

Berkat pengabdian yang beliau lakukan, tim Promotor ikut mendukung keputusan senat universitas (UIN Malang) dalam memberikan anugerah gelar kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Dr Muhammad bin Abdul Karim Al Issa. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com