Tujuh Langkah Penting Mencegah Kanker Payudara

Home / Gaya Hidup / Tujuh Langkah Penting Mencegah Kanker Payudara
Tujuh Langkah Penting Mencegah Kanker Payudara Ilustrasi. (foto: Grid.ID)

TIMESJOMBANG, JAKARTA – Angka kematian pada wanita yang diakibatkan kanker payudara di Indonesia masih tinggi. Agar angka kematian akibat kanker payudara tidak semakin tinggi, masyarakat perlu melakukan pencegahan dengan cara yang tepat. Ada berbagai upaya yang perlu Anda jalani agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

Seperti dilansir dari berbagai sumber berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker payudara.

1. Banyak makan sayur, buah, dan biji-bijian

Pola makan yang sehat adalah salah satu kunci penting untuk mencegah kanker payudara. Banyak pakar kesehatan yakin ada beberapa makanan tertentu yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Untuk mengurangi atau menangkal risikonya, perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan segar serta biji-bijian. Jenis makanan sehat ini mengandung zat gizi yang baik untuk tubuh. Buah dan sayuran, misalnya, kaya akan antioksidan yang bantu melawan radikal bebas penyebab kanker payudara.

2. Menghindari minum alkohol

Dilansir dari Breastcancer.org, alkohol memicu kanker payudara dengan cara meningkatkan kadar estrogen dan menyebabkan kerusakan DNA dalam tubuh. Risiko kanker payudara pada wanita yang minum 2-3 botol bir per hari meningkat sebesar 41 persen.

3. Rutin berolahraga

Olahraga bisa membantu menjaga berat tubuh tetap ideal. Pasalnya ketika Anda memiliki berat yang berlebih atau justru obesitas, risiko kanker payudara dapat meningkat tajam. Apalagi jika Anda mengalami kegemukan pascamenopause. Ini bisa meningkatkan risiko munculnya sel kanker di usia tua.

4. Menyusui

Bagi wanita yang baru saja melahirkan, menyusui langsung dari payudara tidak hanya menguntungkan buat bayi. Menyusui selama satu tahun atau lebih dapat melindungi ibu dari risiko kanker payudara.

Peneliti menduga, ketika wanita tidak menyusui peradangan dan pembengkakan yang terjadi setelah kelahiran menyebabkan jaringan payudara berubah dan dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

5. Berhenti merokok

Merokok juga bisa meningkatkan risiko wanita terkena kanker payudara. Risiko ini juga tetap muncul pada wanita perokok pasif, yang setiap hari menghirup asap rokok.

6. Menjaga berat badan tetap ideal

Berat badan erat kaitannya dengan risiko kanker payudara. Wanita yang mengalami obesitas setelah masa menopause memiliki risiko terkena kanker payudara 20 - 40 persen lebih tinggi dibanding dengan yang mempunyai berat badan. Melihat risiko ini, menjaga berat badan tetap ideal adalah salah satu cara mencegah kanker payudara yang dapat Anda lakukan.

7. Melakukan deteksi dini

Deteksi dini adalah cara terbaik untuk mencegah kemunculan kanker payudara. Anda bisa memeriksa payudara sendiri di rumah dengan teknik SADARI. Caranya mudah, Anda hanya perlu meraba area payudara apakah terdapat benjolan atau tidak. Periksa juga apakah ada perubahan bentuk, ukuran, serta posisi kedua payudara simetris atau tidak. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com