Lima Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Home / Gaya Hidup / Lima Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh
Lima Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh Susu Kedelai. (foto: http://www.towang.co.id)

TIMESJOMBANG, JAKARTA – Dibandingkan susu sapi, susu dari sari kedelai memiliki harga yang lebih murah. Susu kedelai bisa dijadikan alternatif konsumsi untuk mereka yang tidak bisa menikmati susu sapi akibat intoleransi laktosa. Susu kedelai juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat susu kedelai?

Dilansir dari Klik Dokter, berikut ini berbagai manfaat susu kedelai untuk tubuh, khususnya bagi wanita.

1. Meredakan nyeri haid

Wanita yang sedang datang bulan disarankan untuk minum susu kedelai. Pasalnya, susu kedelai dapat membantu meredakan gejala nyeri saat haid. Isoflavon yang terdapat dalam susu kedelai terbukti dapat memberikan manfaat untuk meringankan rasa nyeri saat haid, terutama yang terjadi akibat penyakit endometriosis.

2. Meringankan gejala pascamenopause

Saat menopause, wanita mengalami sejumlah perubahan pada tubuh. Dalam jurnal The JAMA Network, keluhan yang terjadi saat menopause dapat dikurangi dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin. Cobalah untuk mengonsumsi susu kedelai sebanyak 500 mililiter per hari, setidaknya selama 2 bulan. Namun, pastikan Anda tidak punya penyakit yang berhubungan dengan kacang-kacangan.

3. Mencegah penuaan dini

Fakta menyebutkan bahwa kacang kedelai mengandung aglycones yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel di kulit. Sebuah studi di Jepang melaporkan, konsumsi aglycones sebanyak 40 miligram dalam sehari dari kacang kedelai mampu mengurangi keriput pada wanita berusia 40 tahun ke atas. 

4. Menurunkan risiko kanker payudara 

Berbagai studi membuktikan bahwa konsumsi kacang kedelai secara rutin dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita. Bahkan, mereka yang sudah pernah terkena kanker itu sebelumnya juga bisa mengonsumsi susu kedelai karena sangat aman bagi kesehatan.

5. Menurunkan kolesterol

Manfaat yang didapat jika Anda sering mengonsumsi susu kedelai, yaitu kadar kolesterol menurun, khususnya kolesterol jahat (LDL). Susu kedelai bisa memberikan manfaat demikian berkat kandungan fitoestrogen di dalamnya.

Itulah berbagai manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh. Tak ada salahnya jika Anda ingin menjadikan susu kedelai sebagai bagian dari menu sehari-hari. Jangan lupa untuk mengombinasikan konsumsi susu kedelai dengan pola makan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga rutin dan teratur, cukup istirahat, menjauhi rokok maupun alkohol, serta kelola stres dengan baik. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com