RPI English School Gelar Diskusi, Tentang Tips Dapat Beasiswa Luar Negeri

Home / Berita / RPI English School Gelar Diskusi, Tentang Tips Dapat Beasiswa Luar Negeri
RPI English School Gelar Diskusi, Tentang Tips Dapat Beasiswa Luar Negeri Dewan Pakar RPI English School dalam acara diskusi yang bertajuk Pursuing Scholarship for Studying Abroad (Foto: RPI English School)

TIMESJOMBANG, JAKARTA – Memiliki keyakinan dan semangat pantang menyerah adalah salah satu tips dapat beasiswa luar negeri. Demikian disampaikan oleh Ratih Arrum Listiyandini, seorang penerima beasiswa LPDP yang saat ini tengah menyelesaikan studi S3 di Sydney.

Dalam acara diskusi via Zoom yang bertajuk "Pursuing Scholarship for Studying Abroad" yang digelar pagi ini, Minggu (28/7/2020), Ratih yang juga anggota Dewan Pakar Rumah Produktif Indonesia (RPI) English School ini bercerita soal pengalaman dan suka duka yang dialaminya dalam meraih beasiswa luar negeri.

Menurutnya, persiapan yang matang menjadi sebuah keharusan jika ingin mendapatkan beasiswa luar negeri. "Kita harus memiliki motivasi yang kuat dan tujuan yang jelas. Karena pada saat wawancara, pewawancara akan betul-betul mengkaji apa motivasi kita belajar ke luar negeri," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Datin Tarina Alysa Bachtiar seorang penerima beasiswa Anglia Ruskin Scholarship dan Erasmus Mundus Scholarship yang juga didaulat menjadi pembicara dalam diskusi ini menjelaskan beberapa trik dan tips yang harus dimiliki oleh seorang pejuang beasiswa luar negeri.

Diantaranya adalah mulailah menghemat uang, miliki skill leadership, buat timeline, carilah seorang mentor, dan lakukan review oleh teman, keluarga atau profesional.

Diskusi yang berlangsung hangat ini disambut antusias oleh para peserta. Banyak pertanyaan ditujukan kepada kedua narasumber.

Di antaranya pertanyaan dari Tari Utari dari Jogja yang ingin melanjutkan studi keluar negeri. Namun karena berprofesi sebagai dosen terbang dan tidak memiliki institusi yang mengikat.

"Saya merasa sangat tercerahkan dengan adanya diskusi ini, dan jawaban narasumber sangat memuaskan." katanya.

Direktur RPI English School Maghdalena menambahkan, ke depan kegiatan diskusi soal tips dapat beasiswa luar negeri ini akan dilaksanakan secara rutin. "Acara diskusi serupa akan kita rutinkan ke depan, agar lebih banyak orang-orang yang terbantu dan terinspirasi untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri," ujar Maghdalena. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com