Kemenag RI Putuskan Kepastian Haji 2020 Hari Ini

Home / Berita / Kemenag RI Putuskan Kepastian Haji 2020 Hari Ini
Kemenag RI Putuskan Kepastian Haji 2020 Hari Ini Menag RI Fachrul Razi. (FOTO: Kompas)

TIMESJOMBANG, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag RI) akan mengumumkan keputusan terkait penyelenggaraan haji 2020 pada Selasa (2/6/2020). Menteri Agama RI (Menag RI) Fachrul Razi akan langsung menyampaikan pengumuman tersebut melalui teleconference.

"Penjelasan Menag juga akan disiarkan melalui live streaming YouTube Kemenag RI dan Facebook Kementerian Agama," demikian rilis yang diterima TIMES Indonesia. 

Diberitakan sebelumnya, Menag RI, mengatakan, pemerintah akan menunggu keputusan Arab Saudi terkait pelaksanaan haji 2020 hingga 1 Juni. 

Deadline tersebut diperpanjang dari jadwal pengumuman sebelumnya yaitu 20 Mei. Hal itu dilakukan berdasarkan keputusan dari Presiden Jokowi.

Fachrul menjelaskan pemerintah telah menyiapkan tiga alternatif untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Pertama, jemaah haji akan diberangkatkan seluruhnya sesuai kuota tahun ini.

Kedua, jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci hanya sebagian dari total kuota agar tetap bisa menerapkan pembatasan sosial. "Tiga, gagal berangkat semua," ujar Fachrul beberapa waktu lalu.

Dikatakan Menag RI, Fachrul Razi bahwa waktu persiapan ibadah haji 2020 kali ini sangat terbatas. Sehingga, pemerintah tidak bisa menunggu lama-lama. "Apalagi kita kontingen pertama rencana berangkat Juni 2020, jadi waktunya menjadi pendek," tandas orang nomor satu di Kemenag RI itu. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com