Tingkatkan Imunitas Untuk Cegah Covid-19, Ini Caranya

Home / Berita / Tingkatkan Imunitas Untuk Cegah Covid-19, Ini Caranya
Tingkatkan Imunitas Untuk Cegah Covid-19, Ini Caranya Ilustrasi sistem imun tubuh yang tahan dari virus serta bakteri. (FOTO: jpg-indonesia.net)

TIMESJOMBANG, JAKARTA – Kasus penularan virus Corona atau Covid-19 terus meningkat. Untuk mencegah virus tersebut, sebenarnya bisa dilakukan dengan cara sederhana dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan di dalam tubuh.

Dilansir melalui berbagai sumber, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh cegah serangan virus Corona.

Makanan Penunjang Sistem Imun

Cara memperkuat sistem imun juga bisa melalui makanan-makanan yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Contohnya, brokoli dan bayam. Brokoli kaya serat, antioksidan, vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi inilah yang bisa memperkuat sistem imun tubuh. 

Sedangkan bayam hampir serupa. Sayuran hijau ini kaya antioksidan, beta karoten, vitamin C, dan vitamin A. Nutrisi ini juga dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain bayam dan brokoli, masih ada makanan lainnya yang bisa kita konsumsi. Contohnya, bawang putih, kunyit, buah-buahan (jeruk, lemon, kiwi, beri, jambu, hingga pepaya), makanan laut (ikan, kerang, dan tiram), hingga yoghurt. 

Hindari atau Jangan Merokok

Mau rokok nikotin atau elektronik, baik perokok pasif maupun aktif, terpapar nikotin amat merugikan bagi sistem kekebalan tubuh. Nikotin bisa meningkatkan kadar kortisol (hormon stres) yang mengurangi pembentukan antibodi sel B dan respons antigen sel T (kelompok sel dalam sistem imun tubuh). 

Nah, sudah tahu kan cara memperkuat sistem imun untuk menangkal virus corona penyebab COVID-19. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? 

Batasi Konsumsi Alkohol

Kata siapa alkohol bisa mematikan virus corona di dalam tubuh? Ingat, itu hanyalah rumor atau hoaks semata. Alkohol memang bisa membunuh virus corona, tetapi pada permukaan benda mati, bukannya di dalam tubuh. 

Konsumsi alkohol secara berlebihan bisa menjadi bumerang bagi diri, apalagi di tengah-tengah pandemi COVID-19. Ingat, kadar alkohol yang berlebihan di dalam tubuh bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, batasilah atau hindarilah konsumsi alkohol yang berlebihan. 

Kelola Stres Dengan Baik

Cara memperkuat sistem imun juga bisa melalui tips ini. Ingat, stres bisa memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Tingginya hormon kortisol dalam tubuh bisa membuat sistem imun melemah. Oleh karena itu, ketika stres menyerang, cobalah kelolanya dengan baik agar tidak mudah terjangkit virus Corona.

Beberapa atau semua cara di atas bisa dilakukan demi meningkatkan imunitas dan menangkal penularan virus Corona (Covid-19). (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com