Pemkot Kupang Diminta Siapkan Reward bagi Peserta Tes SKD dengan Skor Tertinggi

Home / Berita / Pemkot Kupang Diminta Siapkan Reward bagi Peserta Tes SKD dengan Skor Tertinggi
Pemkot Kupang Diminta Siapkan Reward bagi Peserta Tes SKD dengan Skor Tertinggi Para peserta ujian SKD CPNS Tingkat Kota Kupang hari ke-empat sedang melihat urutan perenkingan nilai yang diperoleh (FOTO: Yohanis Tkikhau/Times Indonesia)

TIMESJOMBANG, KUPANG – Desman Sinaga, Perwakilan dari Kantor BKN Regional X yang meliputi wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) meminta pihak Pemerintah Kota Kupang (Pemkot Kupang) untuk memberikan reward bagi peserta tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) CPNS yang memiliki nilai paling tinggi. 

"Ini sebuah prestasi yang membanggakan dan perlu diberikan reward oleh Pemerintah Kota Kupang," ujarnya. 

Hal tersebut disampaikan Desman di sela-sela kegiatan tes SKD yang berlangsung di Kampus Politeknik Negeri Kupang, Senin (17/2/2020). 

Menurutnya, peserta dengan perolehan nilai yang tinggi perlu diapresiasi sehingga bisa menjadi panutan dan motivasi bagi peserta lainnya. 

"Sejauh ini sudah ada beberapa orang yang melebih passing grade bahkan mencapai nilai 400. Artinya sumber daya manusia kita tidak jauh berbeda dengan sumber daya manusia yang ada di Jakarta. Karena di Jakarta itu skor paling tingginya sekitar 450. Kalau skor sempurnanya 500," tegas Desman. 

Dari informasi yang dihimpun media ini, ada beberapa peserta yang memperoleh total skor diatas 400. Pada tes SKD hari pertama,  Atika Hermawati Pratama yang mengikuti seleksi sesi pertama meraih total skor 423. Skor tersebut merupakan skor tertinggi yang diraih peserta tes SKD Kota Kupang sejauh ini. 

Menurut Desman, perolehan skor tersebut tidak jauh berbeda dengan  perolehan skor tersebut tidak jauh berbeda dengan  peserta lainnya di Pulau Jawa yang memperoleh skor tertinggi. Prestasi tersebut, lanjut Desman, perlu diberikan reward agar peserta lainnya juga punya motivasi untuk bisa meraih prestasi yang sama. 

"Ini bukti bahwa SDM di NTT tidak kalah bersaing dengan SDM di pulau Jawa,maka pemerintah perlu berpikir untuk memberikan penghargaan. Apakah dalam bentuk sertifikat atau apapun tergantung pada kebijakan wali kota," ucapnya. 

Dengan prestasi seperti itu, Desman memastikan bahwa putra-putri Kota Kupang punya kemampuan multitalent yang akan sangat bermanfaat di dunia kerja nanti. 

"Prestasi seperti itu kita tidak bisa ragukan lagi kemampuannya, " kata Desman. 

Sementara itu, Penjabat Sekda Kota Kupang, Elvianus Wairata juga memberikan apresiasi terhadap peserta yang memperoleh skor tertinggi saat tes SKD

"Sejauh ini ada beberapa yang mendapat skor di atas 400. Itu sebuah prestasi yang luar biasa," ujar Elvianus yang dikonfirmasi via telepon. 

Ia berjanji akan menyampaikan hal pemberian reward itu kepada Wali Kota Kupang untuk dipertimbangkan lebih lanjut. 

"Saya akan sampaikan ini ke Pak Walikota untuk dipertimbangkan jenis rewardnya seperti apa. Apakah sama seperti yang dilakukan oleh daerah lain atau berbeda. Kita akan dengar keputusan Pak Wali kota" ujarnya. 

Kendati demikian, Elvianus belum bisa memberikan kejelasan terkait jenis reward yang akan diberikan. Namun secara tegas dirinya menyampaikan bahwa pemberian penghargaan tersebut harus dilakukan. 

"Yang pasti kita akan memberikan hadiah bagi mereka sebagai pemicu semangat bagi peserta lain untuk bisa bersaing juga," katanya. 

Ia juga mengimbau peserta yang belum mengikuti tes agar mempersiapkan diri dengan baik. "Harus disiapkan dengan baik, harus tenang dan rumit karena soal-soal yang diberikan pilihan mirip-mirip, jadi perlu ketelitian yang tinggi," kata Elvianus dari Pemkot Kupang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com